Ide Bisnis

12 Teknik Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Berdasarkan Sumbernya

Tanpa adanya daftar pustaka, karya ilmiahmu tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Penulisan nama judul harus dibedakan dengan diberi efek tebal/miring/garis bawah atau diapit tanda petik dua (“). Jika mengambil sumber dari web, untuk alasan kredibilitas, tidak diperbolehkan mengambil sumber dari blogspot, wordpress, atau wikipedia. Jika sumber yang digunakan tidak ada nama pengarangnya, maka ditulis nama lembaga/instansi yang menerbitkan.

Untuk memudahkan kamu dalam mengingat, unsur-unsur penulisan daftar pustaka bisa disingkat dengan na-ta-ju-ko-pen, yakni nama, tahun, judul, kota terbit, dan penerbit. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal perlu dipraktikkan dengan benar. Jika tidak, akan membuat informasi yang diberikan pada pembaca justru tidak tersampaikan. Terutama jika informasi tersebut berkaitan dengan kutipan yang penulis ambil untuk melengkapi informasi karya ilmiah. Cantumkan nama penulis artikel dengan menggunakan style dibalik (nama belakang, nama depan & tengah) seperti penulisan dengan sumber buku, majalah, jurnal, atau koran. Urutan penulisannya diteruskan ke kanan dari sisi penulis. Nama penulisnya harus dibalik dan diakhiri dengan tanda titik (.).

Daftar Pustaka Jika sumber itu merupakan karya tulis seseorang dalam suatu kumpulan tuisan banyak orang. Dengan cara menuliskan terlebih dahulu nama belakang, kemudian nama depan. Hal ini berlaku untuk semua nama, baik nama asing maupun nama Indonesia. Cara penulisan inilah yang berlaku secara internasional tanpa mengenal kebangsaan dan tradisi.

Baik itu dengan cara mengutip kalimat, kata atau mengutip sebuah paragraf. Jika artikel jurnal terdiri dari 6 penulis, maka cukup tulis nama belakang penulis pertama dan diikuti dengan ‘dkk’.

Di mana pengertian daftar pustaka itu sendiri merupakan sekumpulan referensi yang dirujuk untuk menyusun suatu karya ilmiah maupun tulisan. Dengan arti lain, sumber referensi tersebut adalah daftar dari buku-buku yang digunakan dalam karya ilmiah itu. Daftar pustaka adalah suatu susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah yang isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Daftar pustaka ini digunakan sebagai sumber atau rujukan seorang penulis dalam berkarya. Istilah ini dirangkum dari definisi daftar pustaka dari Wikipedia.

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai contoh daftar pustaka jurnal dan cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Tulisan dalam artikel ini akan terus diperbaharui baik dari segi penambahan contoh ataupun penambahan gaya penulisan kutipan dan daftar pustaka gaya lainnya.

Untuk penulisan daftar pustaka koran mempunyai format yang hampir sama. Kita perlu mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul, kota terbit, dan juga nama penerbit. Karena diambil dari artikel koran, judul artikel tidak ditulis dengan miring, tetapi diapit dengan tanda petik dua. Jurnal pun sering dijadikan acuan dalam membuat karya tulis.

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Orang orang di perguruan tinggi tentu sudah tidak asing dengan yang namanya penelitian dan hal ilmiah lainnya. Rujukan dari buku yang ditulis lebih dari dua sampai dengan enam penulis. Daftar pustaka merupakan bab penting yang harus dilampirkan.

Sebuah daftar pustaka diperlukan sebagai sumber rujukan untuk memastikan kebenaran information yang diambil. Dengan demikian, karya tulis yang kamu buat dapat dipercaya kebenarannya. Sebelum mengarah langsung ke cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Ada satu hal yang tidak kalah penting saat menulis jurnal. Jadi di dalam penulisan jurnal, perlu juga memperhatikan bagaimana mencatat kutipan dengan baik.

Penulisan daftar pustaka metode MLA Style untuk jurnal online tidak jauh berbeda dari versi cetaknya. Jurnal merupakan salah satu jenis tulisan ilmiah yang berupa laporan penelitian terbaru yang dibuat dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Dalam menulis daftar pustaka tentu memiliki cara yang berbeda-beda tergantung dari sumber rujukannya. Materi penulisan daftar pustaka ini sangat penting cara menulis daftar pustaka dari jurnal untuk dipahami. Bagaimanapun, pada tingkat lebih tinggi nanti, kamu tetap perlu membuat laporan atau skripsi yang membutuhkan pengetahuan ini. Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penulisan kutipan dan daftar pustaka dalam sebuah makalah dapat dijadikan sebuah pengukuran tingkat profesionalitas seseorang. Penulisan kutipan dan daftar pustaka menjadi sebuah nilai penting dalam sebuah makalah.